Jumat, 26 April 2013

Reboisasi ( Penghijauan Alam )


Reboisasi ( Penghijauan Alam )
Suasana Depan Kelas 
Hai kawan-kawan, kembali lagi di Sabavoscho Go Green

Kawan-kawan tentu tahu apa itu Reboisasi kan? Reboisasi sering disebut dengan penghijauan kembali. Tapi pengertian Reboisasi secara umum adalah penanaman kembali hutan yang telah di tandus atau gundul. Reboisasi merupakan salah satu langkah yang besar untuk kita melanjutkan Go Green daan mengurangi dampak Global Warming. 

Dengan menanam 1 pohon, kita telah menyumbang sesuatu yang besar bagi bumi ini. Seperti kita tahu dengan makin banyak pohon, maka polusi dan debu di udara akan diserap oleh pohon. Pohon juga membangun habitat dan ekosistem demi kelangsungan makhluk hidup. 

Langkah-langkah dalam melakukan Reboisasi 
antara lain: 
  1. Pemanfaatan lingkungan. 
  2. Pengendalian lingkungan. 
  3. Pengawasan lingkungan. 
  4. Kegiatan pemuluhan.
  5. Dan kegiatan pengembangan lingkungan.
Lalu dilanjutkan dengan penanaman pohon. Reboisasi tidak harus di tempat yang memang sudah tandus atau gundul, Reboisasi juga dilakukan di lingkungan perkotaan, sekolahan, dan lain-lain .

Manfaat dan Fungsi dari Reboisasi antara lain :
  1. Mengurangi erosi tanah oleh angin dan air.
  2. Pelestraian kesuburan lahan pertanian sekitarnya.
  3. Kenaikan kadar air tanah.
  4. Perlindungan cekungan air tanah.
  5. Restorasi keanekaragaman hayati.
  6. Menghentikan ancaman penggurunan.
  7. Pencegahan banjir oleh penyimpanan air kapasitas tinggi di hutan.
  8. Di daerah pegunungan perlindungan terhadap longsoran.
  9. Pemanfaatan kayu atau eksploitasi buah, daun, dll.
  10. Penangkapan dan penyimpanan CO 2 untuk mengurangi efek rumah kaca (penyerapan CO 2)

Reboisasi kita lakukan untuk meningkatkan dan melestarikan sumber daya alam kita. Dalam kehidupan kita, tentu kita memanfaatkan alam ini. Sayangnya, ada juga oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan alam secara berlebihan untuk kepentingannya sendiri. Yang nantinya akan memberikan dampak negatif kepada kita semua. Maka dari itu selain melakukan Reboisasi kita juga harus berusaha melindungi alam kita. 

Pencemaran lingkungan juga merupakan masalah yang kita hadapi, lingkungan kita semakin rusak karena banyaknya sampah dan limbah yang tanpa pengelolaan. Reboisasi dilakukan hanya untuk mengurangi dampaknya, lalu bagaimana cara kita menghentikan kerusakan yang terus berkelanjutan ini? Itulah permasalahan yang harus dipecahkan di masa yang akan datang. 

Mari kita lanjutkan semangat kita untuk GO GREEN AND SAVE THE EARTH!! 

Artikel Terkait

Beranda

3 komentar:

  1. mkasih gan ,,, postingan reboisasi-penghijauan-alam , yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

    BalasHapus