Minggu, 12 Mei 2013

Greenhouse

Greenhouse
Greenhouse SMKN 1 Bantul

     Sahabat go green pada tahu gak greenhouse itu apa? Jangan bilang rumah berwarna hijau lho… Greenhouse itu bening, jadi cahaya matahari bisa masuk, sehingga tananman bisa berfotosintesis. Karena berwarna bening, maka greenhouse merupakan bangunan yang terbuat dari atap kaca atau plastik micron yang dapat menyerap sinar matahari. Bangunan ini juga bermanfaat untuk mengatur tingkat kelembaban udara. Bangunan dapat dibuat permanen atau semi permanen.

Kelebihan menanam dengan Greenhouse

Beberapa kelebihan menanam tanaman menggunakan greenhouse yaitu : 
  1. Greenhouse dapat melindungi tanaman dari guyuran hujan dan cuaca panas dari luar. Hal itu karena kondisi di dalam ruangan greenhouse bisa diatur sesuai dengan kebutuhan hidup tanaman. Walaupun tanaman membutuhkan air, namun apabila berlebihan dapat menyebabkan media tanam basah sehingga resiko kehadiran cendawan semakin besar. Pemberian pupuk juga kurang efektif karena tercuci oleh air hujan. 
  2. Pemeliharaan tanaman dapat dilakukan dengan baik. Jadwal penyiraman dan pemupukan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan tanaman. 
  3. Serangan hama dan penyakit bisa diminimalisir. 
  4. Pemilik tanaman dapat leluasa bekerja di dalam nursery tanpa khawatir tersengat sinar matahari atau tersiram air hujan. Pokoknya seperti naik mobil “panas gak kepanasan, hujan gak kehujanan” asyik kan…. 

Greenhouse
Greenhouse SMKN 1 Bantul

Model Greenhouse yang dimiliki SMKN 1 Bantul adalah model atap segitiga, namun masih ada model yang lainnya lagi lho dibawah ini ada beberapa model yaitu : 

1. Tusuk gigi
Tipe greenhouse ini berbentuk kubus dengan atap miring pada satu sisi. 

2. Terowongan (tunnel)
Model ini cocok untuk pembibitan tanaman sayur. 

3. Atap bertingkat (piggy back)
Model ini memiliki sirkulasi udara yang baik, tetapi celah diantara kedua atap tersebut memungkinkan air hujan masuk ke dalam ruangan greenhouse. 

4. Atap berpunggung (bulbo)
Model bulbo sangat praktis, karena dapat ditempatkan di sebelah rumah atau di atas dak rumah. Sangat cocok untuk menanam tanaman hias. 

Penting juga nih…dalam membuat greenhouse tidak boleh asal-asalan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Greenhouse :

a. Ketinggian tempat 
Ketinggian tempat ini berkaitan dengan temperatur udara. Daerah panas memiliki suhu udara tinggi di siang hari sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas tanaman. Pada umumnya desain greenhouse tinggi dengan dilengkapi shading net. Dindingnya memakai screen untuk memberikan ruang udara keluar masuk greenhouse. Daerah yang dingin lebih baik membangun greenhouse dengan sistem tertutup sehingga kondisi di dalamnya dapat direkayasa sesuai kebutuhan tanaman. 

b. Kondisi tempat 
Lokasi greenhouse sebaiknya berada di tempat terbuka. Kontur tanah sebaiknya rata. Pembangunan greenhouse di daerah yang memiliki kemiringan tertentu bisa dibuat terasering. 

c. Kekuatan angin 
Lokasi sebaiknya memiliki angin yang cukup (tidak terlalu kuat). Angin terlalu kuat dapat merusak konstruksi greenhouse. 

d. Arah sinar matahari 
Arah greenhouse dibuat utara-selatan, tujuannya agar tanaman mendapat sinar matahari secara merata sepanjang hari.

Sekian dulu ya dari kami. eits jangan kemana-mana jalan-jalan dulu saja di blog kami. hehe 
terimakasih atas kunjunganya :)

Artikel Terkait

Beranda

2 komentar: